• (024) 6723456
  • info@stekom.ac.id


Gambar ilustrasi TIPS &Trik MEMFACUM KULKAS tanpa MESIN FACUM

TIPS &TRIK Cara Praktis MemFACUM Kulkas  tanpa Alat FACUM

1.       Cek kulkas secara fisik dan hidupkan  kulkas, cek apakah compressor berkerja atau tidak dan cek driyer apakah hangat atau tidak ? kalau tidak  hangat di Dryer  dan  di evap tidak dingin maka cek di instalasi pipa Capiler, apakah ada kebocoran  misalnya ada temuan  basah bekas oli compressor , maka   bersihkan dan las capiler yang bocor tersebut dengan LAS.

2.       Potong pipa pengisian menggunakan tang atau cutter Pipa, potong capiler yang menujunke dryer, untuk mengganti dryer. ( sebaiknya setiap ganti atau isi Freon ganti juga filter datu dryernya agar tidak 2x kerja) biasanya sudah kotor karena lama pemakaian di konsumen.

3.       Las semua sambungan dengan api Las secara benar dan baik. Yakinkan tidak ada yag bocor.

4.       Siapkan dryer dan pipa capiler yang baru. Potong pipa capiler sepanjang 9 cm  pasang ke salah satu lubang dryer untuk keperluan  pemfacuman.

5.       Pasang dryer ke pipa capiler  yang menuju ke EVAP  dan Las dengan benar.

6.       Pasang pipa pengisian dan pentil di saluran pipa pengisian, Las dengan benar

7.       Pasang selang biru manifold ke Pentil sedangkan selang kuning ke Tabung Freon ( cukup menggunakan manifold 2 selang ) meter ganda

8.       Buka kran biru di manifold , kemudian pastikan kran Freon tertutup dulu, kemudian hidupkan kulkas biarkan pipa kapiler salah satu  terbuka dan amengeluarkan udara sisa di instalasi pipa , amati jarum meter manifold yang biru sampai angka dibawah nol dan cek yakinkan saluran pipa capiler kecil yang dari driyer sudah tidak lagi menghembuskan udara dari dalam sistem.

9.       Siapkan metil atau Thawzone kedalm sistem sejumlah satu tutup botol metil. Setelah metil kesedot oleh sistem saat compressor di matikan maka segera cepat cepat pipihkan pipa capiler dengan tang jepit atau tang bethet. Nah proses Vacum telah selesai dilakukan Las dengan benar pipa capiler tersebut. Berarti sistem sudah siap diisi Freon, 10 Psi cukup dan segel pipa pengisian dan Potong pipa yang ada pentilnay dan Laspati (permanen )

Demikian Tips dan TRIK MEMFACUM KULKAS Tanpa MESIN FACUM semoga bermanfaat, salam sukses selamat berkarya 






 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved